MAKALAH
PERKEMBANGAN IPTEK DI INDONESIA
DI
S
U
S
U
N
OLEH : KELOMPOK III
ANANDA COLLECTION COMPUTER
ANANDALANGKAI
FANDICHA ANANDA
XII IPA V
KOMPUTER LAPPARIAJA
2014/2015
K A T
A P E N G A N T A R
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Kuasa atas segala berkat dan rahmat-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul
“ Perkembangan Iptek di Indonesia
“ sebagai salah satu tugas di kelas XII pada semester II ini.
Dalam penulisan makalah ini, kami mengalami banyak kesulitan maupun hambatan. Namun berkat kerjasama
yang cukup baik dan bantuan dari
Guru Pembimbing sehingga kami dapat menyelesaikan tugas sejarah ini. Dan
kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu
kami mengharapkan kepada para pembaca untuk senantiasa memberikan masukan, kritik, dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah kami ini.
Dan
kami mengharapkan makalah
ini dapat membantu dan berguna bagi pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang perkembangan iptek di indonesia.
Leppanggeng
, 24 Januari 2015
PENYUSUN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR
ISI.........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
....................................................................................................
B. Tujuan dan
Manfaat ............................................................................................
C. Rumusan Masalah
...............................................................................................
D. Hipotesis
.............................................................................................................
BAB II : PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
........................................................................................................
B. PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI KOMUNIKAS ............................................
C. TEKNOLOGI
KOMUNIKASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN ...................
D. DAMPAK YANG
DITIMBULKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN..........
BAB III : PENUTUP
A. KESIMPULAN......................................................................................................
B. KRITIK DAN
SARAN..........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa.
Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari
teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar
terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dimensi. Demikian halnya
dengan teknologi komnukasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam
struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu
untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi (menurut Rogers,1986).
Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi yang mampu merubah sesuatu yang
belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu
orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang
berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas
dan jarak waktu. Dari sinilah, semula dengan ditemukannya berbagai perangkat
elektronik lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini berintegrasi satu dengan
lainnya. Teknologi komunikasi yang telah ada merupakan sebuah jawaban dari
adanya perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembang maju
sebuah peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan
untuk menyelaraskan pola peradaban manusia itu sendiri.
B. Tujuan dan
Manfaat
Tujuan umum
penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui perkembangan iptek di indonesia.
Sedangkan tujuan khususnya :
1.
Untuk mengetahui pengertian Teknologi
Komunikasi dan Teknologi Informasi
2.
Untuk mengetahui perkembangan Teknologi
Komunikasi
3.
Untuk mengetahui perkembangan Teknologi
Komunikasi dalam bidang pendidikan
4.
Untuk mengetahui dampak yang
ditimbulkan akibat dari pengaruh IPTEK dan mencari solusinya
C.
Rumusan Masalah
Dari latar
belakang di atas maka penulis dapat menarik suatu permasalahan sebagai berikut
:
1.
Apa pengertian Teknologi Komunikasi ?
2.
Apa tujuan utama perkembangan IPTEK ?
3.
Apa saja manfaat positif dari kemajuan
IPTEK ?
4.
Apa kemajuan dan manfaat IPTEK ?
5.
Apa saja dampak negatif perkembangan
teknologi infirmasi ?
6.
Bagaimanakan pengaruh positif dan
negatif IPTEK ?
D.
Hipotesis
1.
Teknologi Komunikasi adalah peralatan
perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang melindungi nilai-nilai
sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling
tukar menukar informasi dengan individ-individu lainnya.
2.
Tujuan utama perkembangan iptek adalah
perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan
aman. Perkembangan iptek terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang
setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat, baik legal maupun
illegal dengan menghalalkan segala cara karena ingin memperoleh keuntungan.
3.
Dari kemajuan iptek dapat kita rasakan
manfaat positifnya :
a.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.
Terjadinya industralisasi
c.
Produktifitas dunia industri semakin
meningkat
d.
Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
e.
Di bidang kedoktera dan kemajuan
ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran
4.
Kemajuan dan manfaat iptek
a.
Limbah ternak untuk pupuk(kompos)
b.
Sampah yang dimanfaatkan menjadi gas
bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan dan tenaga gerak
c.
Dalam bidang komunikasi
d.
Dapat mendatangkan kemudahan hidup
e.
Memperluas lapangan kerja
f.
Meningkatkan produksi barang-barang
kebutuhan masyarakat
5.
Dampak negatif perkembangan teknologi
komunikasi
a.
Terjadinya pengangguran bagi tenaga
kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.
Pencurian uang di bank melalui internet
c.
Adanya aksi tipu menipu dalam proses
jual beli online
6.
Pengaruh positif kemajuan iptek:
-
Meningkatnya tingkat kesejahteraan
masyarakat
-
Terpenuhinya kebutuhan hidup manusia
-
Berkembangnya pemikiran rasional
-
Adanya pola hidup serba praktis
-
Memudahkan dalam berinteraksi sosial
dan berkomunikasi
Pengaruh
negatif kemajuan iptek:
-
Adanya perubahan tata nilai kehidupan
masyarakat
-
Adanya kesenjangan sosial
-
Rusaknya lingkungan alam
-
Adanya kekhawatiran terhadap senjata
kimia dan nuklir
-
Meningkatnya kenaikan remaja dan
kriminalitas
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Menurut Rogers,
1986. Teknologi merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi
yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan,
memproses dan saling tukar informasi. Dapat pula dikatakan bahwa komunikasi
adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap individu dapat
menggunakan, mengakses, dan memberikan segala hal informasi kepada orang lain
secara universal. Sedangkan menurut Ely, 1982 yang dimaksud dengan Teknologi
Informasi adalah mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran
langsung, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah.
B.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Saat ini,
kebutuhan akan teknologi baik itu teknologi informasi maupun teknologi
komunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah ke bawah dan golongan
menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat
perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun
kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi
komuniksi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk toknologi dan
kecanggihannya. Perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri sebenanya sejalan
dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Ada empat titik
penentu yang utama dalam sejarah komunikasi.
Menurut
Nordenstreng dan Varis (1973) adalah :
Perolehan
(aquistion) bahasa yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya manusia.
Pengembangan
seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasarkan pada bicara.
Reproduksi
kata-kata tertulis dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan
terwujudnya komunikasi massa yang sebenarnya.
Munculnya
komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, telepon, radio, televisi, sampai
dengan satelit.
Sedangkan
menurut Alvin Toffler, terdapat tiga peradaban dalam perkembangan dari
teknologi itu sendiri, yakni zaman pertanian, zaman industri dan zaman
informasi.
Sebelumnya
sekedar menengok kembali bahwa sebenarnya teknologi komunikasi itu sendiri
telah muncul semenjak Zaman Pra-sejarah. Dimana pada waktu itu orang sudah
mampu menggunakan bentuk komunikasi. Akan tetapi bentuknya masih sangat
sederhana. Misalnya entuk-bentuk sebatas gerakan alat tubuh, gambar-gambar
sebagai bahasa, bunyi-bunyian dari tulang dan sebagainya. Akan tetapi meskipun
demikian, hal tersebut telah dianggap sebagai sebuh bentuk komunikasi yang
sesuai pada saat itu. Perkembangan selanjutnya telah sedikit mengalami kemajuan
yang selangkh lebih baik lagi, misalnya bentuk komunikasi dalam huruf
pictograf, Hieroglif oleh bangsa mesir kuno. Pada masa itu kedua jenis huruf
ini juga sering digunakan ketika raja memberikan peraturan semacam tata tertib
bagi masyarakatnya yang dipasang di tengah-tengah kota dimana bentuknya seperti
bangunan tugu, yang dikenal sebagai Undang-Undang berbentuk tugu peringatan.
Kemajuan dari teknologi komunikasi dirasakan lebih baik lagi setelah
ditemukannya kertas oleh bangsa Cina yang terbuat dari serat daun papyrus.
Perkembangan ini bahkan sampai sekarang ini masih digunakan dan sangat
dirasakan manfaatnya bagi umat manusia. Misalnya kertas digunakan dalam
mencetak koran atau surat kabat, majalah, buku, dan lain sebagainya.
Selanjutnya semakin berkembangnya pengetahuan manusia, maka teknologi
komunikasi semakin menjadi lebih baik. Berawal dengan ditemukannya mesin uap
oleh James Watt yang merupakan terbukanya masa revolusi industri, menimbulkan
berbagai dampak yang memicu munculnya teknologi-teknologi. Satu langkah yang
merupakan sungguh luar biasa, dimana penemuan satu hal menyebabkan munculnya
berbagai hal lain. Penemuan telepon yang ditemukan pada tahun 1876, merupakan
perkembangan teknologi komunikasi dengan menggunakan penerapan konsep analog.
Hal tersebut berlangsung sampai sekitar tahun 1960-an. Dan setelah itu baru
mengarah pada konsep digital. Kemudian perkembangan selanjutnya yakni
ditemukannya vaksimile yang merupakan pemanfaatan komunikadi dengan memberikan
data yang mampu dilewatkan melalui media telepon. Demikian halnya dengan
perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II.
Digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia II. Komputer ini merupakan
sebuah rangkain elektronika lampung tabung yang mempunyai berat sebesar 20 ton.
Dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks
digital kemudian berkembang dengan pesat. Era digital itu sendiri terjadi
setelah satelit ditemukan dan di aktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah
ada sedikit banyak mengubah corak kehidupan dari masyarakat itu sendiri.
C.
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM BIDANG
PENDIDIKAN
Dari sekian
banyak penemuan-penemuan baru yang ternyata sangat memberikan dampak luas bagi
sebuah peradaan umat manusia di dalam berbagai cakupan bidang kehidupan, salah
satunya bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam bidang
pendidikan, menurut Rosenberg (2001), dengan perkembangannya ini ada lima
pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu :
1.
Dari pelatihan ke penampilan,
2.
Dari ruang kelas ke tempat dimana dan
kapan saja,
3.
Dari kertas ke “online” atau saluran,
4.
Fasilitas fisik ke fasilitas jaringan
kerja,
5.
Dari waktu siklus ke waktu nyata.
Mengenai asumsi
di atas bahwa pergeseran proses pembelajaran yang mengalami perubahan dari
kertas “online” ini untuk saat ini telah dapat dirasakan maupun dilihat keberadaannya
ketika sebuah istansi pendidikan menerapkan sistem komputerisasi. Banyak hal
serta manfaat dari keberadaannya itu. Semisal ketika segala kegiatan yang
berbasis pendidikan dapat diakses secara mudah lewat sebuah jaringan komputer
ataupun jaringan internet yang tentunya hal tersebut berkat adanya satelit yang
dioperasikan, maka siswa, guru, dosen ataupun seluruh warga dalam lingkup
pendidikan tersebut mampu memperoleh segala informasi yang ingin di dapatkan.
Misalnya yang paling mutakkir adalah berkembangnya “cyber teaching” atau
pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan
media internet. Istilah lain yang populer saat ini adalah e-learning yaitu
sebuah modal pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi (internet).
Menurut Rosenberg(2001); 28, e-learning merupakan satu penggunaan teknologi
internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas dengan landasan
berdasarkan tiga kriteria yaitu :
E-learning
merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, distribusi
dan membagi materi atau informasi,
Pengiriman
sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi
internet yang standar,
Memfokuskan
pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma
pembelajaran tradisional.
Saat ini
e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK
seperti : CBT (Computer Baset Training), CBI (Computer Baset Introduction),
distance learning, distnte education.
D.
DAMPAK YANG DITIMBULKAN DALAM BIDANG
PENDIDIKAN
Di dalam sebuah
perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal ini teknologi komunikasi)
tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi . satu hal dari
adanya teknologi komunikasi adalah mengenai dampak yang ditimbulkan. Ketika di
sini membahas mengenai teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan, maka akan
di paparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun
negatif.
Uraiannya
adalah sebagai berikut :
·
Dampak Positif
a.
Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan
teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemkan siswa dengan guru,
tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet.
b.
Munculnya media massa, khususnya media
elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya
ilmu pengetahuan.
c.
Munculnya metode-metode pembelajaran
yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
d.
Kita akan lebih ceoat mendapatkan
infirmasiinformasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui
internet.
e.
Teknologi menawarkan media audio fisual
yang interaktif pada proses pembelajaran.
·
Dampak Negatif
a.
Penyalahgunaan teknologi yang lainnya
adalah penetahuan untuk melakukan tinfak kriminal dan tidak di benarkan.
b.
Menurunnya motifasi dan prestasi
belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar para remaja rela membolos saat
jam sekolah demi bermain game di warnet-warnet kesayangannya.
c.
Kemerosotan moral dikalangan
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
·
Solusi
a.
Pendampingan pendidikan teknologi dengan
bimbingan moral yang seimbang, sehingga siswa mampu memilih penggunaan
teknologi yang bermanfaat.
b.
Memberikan pengawasan dari orang tua,
sekolah dan pemerintah secara umum, dengan pembatasan akses situs-situs yang
tidak baik atau pemberian sanksi yang tegas.
c.
Mendorong motifasi anak didik ke arah
pengembangan IPTEK dengan selalu menempatkan pendekatan nilai-nilai islami
menjadi sumber acuannya.
d.
Menciptakan jalinan yang kuat antara
ajaran yang kuat dan iptek, serta hubungan yang akrab dengan para ilmuan yang
memegang otoritas iptek dalam bidang masing-masing.
e.
Menanamkan sikap dan wawasan yang luas
terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui kemampuan
menginterpretasikan ajaran agama dari kehidupan manusia.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Teknologi
komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap
individu dapat menggunakan, mengakses dan memberikan segala hal informasi kepda
orang lain secara universal, sedangkan teknologi informasi mencakup
sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif
dua-arah, penyiaran bertenaga rendah, komputer dan televisi.
Perkembangan
teknologi itu kemudian berimbas pada dunia pendidikan yaitu mempermudah dunia
pendidikan dimana kini telah ada e-learning.
B. SARAN
Dari kesimpulan di atas maka penulis menyarankan agar
solusi-solusi yang diterapkan bisa dilaksanakan agar pada nantinya dapat
meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Sehingga IPTEK akan menjadi
sangat bermanfaat bagi kita semua tanpa harus mengorbankan salah satu pihak.
DAFTAR PUSTAKA
Rahayu Kususma
Pratiwi.blogspot.com/2013/01/perkembangan iptek dalam pendidikan.html
Darshenie.blogspot.com/2012/11/dampak
perkembangan iptek di indonesia.html
Http://anandacollectionupdate2015.blogspot.com
Demikian contoh makalah perkembangan Iptek di Indonesia semoga bisa bermamfaat bagi anda yang membutuhkannya
No comments:
Post a Comment
Masukkan Nama dan Alamat Lengkap