Powered By Blogger

Sunday, 15 February 2015

contoh makalah perkembangan Iptek di Indonesia



MAKALAH

PERKEMBANGAN IPTEK DI INDONESIA

DI
S
U
S
U
N

OLEH : KELOMPOK III


ANANDA COLLECTION COMPUTER
ANANDALANGKAI

FANDICHA ANANDA


XII IPA V
KOMPUTER LAPPARIAJA
2014/2015




K A T A   P E N G A N T A R

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala berkat dan rahmat-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “ Perkembangan Iptek di Indonesia sebagai salah satu tugas di kelas XII pada semester II ini.
            Dalam penulisan makalah ini, kami mengalami banyak kesulitan maupun hambatan. Namun berkat kerjasama yang cukup baik dan bantuan dari Guru Pembimbing sehingga kami dapat menyelesaikan tugas sejarah ini. Dan kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mengharapkan kepada para pembaca untuk senantiasa memberikan masukan, kritik, dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah kami ini.
            Dan kami mengharapkan makalah ini dapat membantu dan berguna bagi pembaca untuk menambah wawasan dan  pengetahuan mereka tentang perkembangan iptek di indonesia.

                                                                                              Leppanggeng , 24 Januari 2015

                                                                                        PENYUSUN


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...........................................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ....................................................................................................
B.     Tujuan dan Manfaat ............................................................................................
C.     Rumusan Masalah ...............................................................................................
D.    Hipotesis .............................................................................................................
BAB II : PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI
INFORMASI ........................................................................................................
B.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKAS ............................................
C.     TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN ...................
D.    DAMPAK YANG DITIMBULKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN..........
BAB III : PENUTUP
A.    KESIMPULAN......................................................................................................
B.     KRITIK DAN SARAN..........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................................





BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komnukasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi (menurut Rogers,1986). Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi yang mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu. Dari sinilah, semula dengan ditemukannya berbagai perangkat elektronik lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini berintegrasi satu dengan lainnya. Teknologi komunikasi yang telah ada merupakan sebuah jawaban dari adanya perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembang maju sebuah peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan untuk menyelaraskan pola peradaban manusia itu sendiri.

B.     Tujuan dan Manfaat
Tujuan umum penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui perkembangan iptek di indonesia. Sedangkan tujuan khususnya :
1.      Untuk mengetahui pengertian Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi
2.      Untuk mengetahui perkembangan Teknologi Komunikasi
3.      Untuk mengetahui perkembangan Teknologi Komunikasi dalam bidang pendidikan
4.      Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat dari pengaruh IPTEK dan mencari solusinya

C.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka penulis dapat menarik suatu permasalahan sebagai berikut :
1.      Apa pengertian Teknologi Komunikasi ?
2.      Apa tujuan utama perkembangan IPTEK ?
3.      Apa saja manfaat positif dari kemajuan IPTEK ?
4.      Apa kemajuan dan manfaat IPTEK ?
5.      Apa saja dampak negatif perkembangan teknologi infirmasi ?
6.      Bagaimanakan pengaruh positif dan negatif IPTEK ?

D.    Hipotesis
1.      Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang melindungi nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individ-individu lainnya.

2.      Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Perkembangan iptek terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat, baik legal maupun illegal dengan menghalalkan segala cara karena ingin memperoleh keuntungan.

3.      Dari kemajuan iptek dapat kita rasakan manfaat positifnya :

a.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.      Terjadinya industralisasi
c.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat
d.      Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
e.       Di bidang kedoktera dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran

4.      Kemajuan dan manfaat iptek
a.       Limbah ternak untuk pupuk(kompos)
b.      Sampah yang dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan dan tenaga gerak
c.       Dalam bidang komunikasi
d.      Dapat mendatangkan kemudahan hidup
e.       Memperluas lapangan kerja
f.       Meningkatkan produksi barang-barang kebutuhan masyarakat
5.      Dampak negatif perkembangan teknologi komunikasi
a.       Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.      Pencurian uang di bank melalui internet
c.       Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online

6.      Pengaruh positif kemajuan iptek:
-          Meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat
-          Terpenuhinya kebutuhan hidup manusia
-          Berkembangnya pemikiran rasional
-          Adanya pola hidup serba praktis
-          Memudahkan dalam berinteraksi sosial dan berkomunikasi
Pengaruh negatif kemajuan iptek:
-          Adanya perubahan tata nilai kehidupan masyarakat
-          Adanya kesenjangan sosial
-          Rusaknya lingkungan alam
-          Adanya kekhawatiran terhadap senjata kimia dan nuklir
-          Meningkatnya kenaikan remaja dan kriminalitas

 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Menurut Rogers, 1986. Teknologi merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi. Dapat pula dikatakan bahwa komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap individu dapat menggunakan, mengakses, dan memberikan segala hal informasi kepada orang lain secara universal. Sedangkan menurut Ely, 1982 yang dimaksud dengan Teknologi Informasi adalah mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah.

B.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Saat ini, kebutuhan akan teknologi baik itu teknologi informasi maupun teknologi komunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah ke bawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komuniksi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk toknologi dan kecanggihannya. Perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri sebenanya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Ada empat titik penentu yang utama dalam sejarah komunikasi.
Menurut Nordenstreng dan Varis (1973) adalah :
Perolehan (aquistion) bahasa yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya manusia.
Pengembangan seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasarkan pada bicara.
Reproduksi kata-kata tertulis dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi massa yang sebenarnya.
Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, telepon, radio, televisi, sampai dengan satelit.
Sedangkan menurut Alvin Toffler, terdapat tiga peradaban dalam perkembangan dari teknologi itu sendiri, yakni zaman pertanian, zaman industri dan zaman informasi.
Sebelumnya sekedar menengok kembali bahwa sebenarnya teknologi komunikasi itu sendiri telah muncul semenjak Zaman Pra-sejarah. Dimana pada waktu itu orang sudah mampu menggunakan bentuk komunikasi. Akan tetapi bentuknya masih sangat sederhana. Misalnya entuk-bentuk sebatas gerakan alat tubuh, gambar-gambar sebagai bahasa, bunyi-bunyian dari tulang dan sebagainya. Akan tetapi meskipun demikian, hal tersebut telah dianggap sebagai sebuh bentuk komunikasi yang sesuai pada saat itu. Perkembangan selanjutnya telah sedikit mengalami kemajuan yang selangkh lebih baik lagi, misalnya bentuk komunikasi dalam huruf pictograf, Hieroglif oleh bangsa mesir kuno. Pada masa itu kedua jenis huruf ini juga sering digunakan ketika raja memberikan peraturan semacam tata tertib bagi masyarakatnya yang dipasang di tengah-tengah kota dimana bentuknya seperti bangunan tugu, yang dikenal sebagai Undang-Undang berbentuk tugu peringatan. Kemajuan dari teknologi komunikasi dirasakan lebih baik lagi setelah ditemukannya kertas oleh bangsa Cina yang terbuat dari serat daun papyrus. Perkembangan ini bahkan sampai sekarang ini masih digunakan dan sangat dirasakan manfaatnya bagi umat manusia. Misalnya kertas digunakan dalam mencetak koran atau surat kabat, majalah, buku, dan lain sebagainya. Selanjutnya semakin berkembangnya pengetahuan manusia, maka teknologi komunikasi semakin menjadi lebih baik. Berawal dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt yang merupakan terbukanya masa revolusi industri, menimbulkan berbagai dampak yang memicu munculnya teknologi-teknologi. Satu langkah yang merupakan sungguh luar biasa, dimana penemuan satu hal menyebabkan munculnya berbagai hal lain. Penemuan telepon yang ditemukan pada tahun 1876, merupakan perkembangan teknologi komunikasi dengan menggunakan penerapan konsep analog. Hal tersebut berlangsung sampai sekitar tahun 1960-an. Dan setelah itu baru mengarah pada konsep digital. Kemudian perkembangan selanjutnya yakni ditemukannya vaksimile yang merupakan pemanfaatan komunikadi dengan memberikan data yang mampu dilewatkan melalui media telepon. Demikian halnya dengan perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II. Digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia II. Komputer ini merupakan sebuah rangkain elektronika lampung tabung yang mempunyai berat sebesar 20 ton. Dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks digital kemudian berkembang dengan pesat. Era digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan di aktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah corak kehidupan dari masyarakat itu sendiri.

C.     TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Dari sekian banyak penemuan-penemuan baru yang ternyata sangat memberikan dampak luas bagi sebuah peradaan umat manusia di dalam berbagai cakupan bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, menurut Rosenberg (2001), dengan perkembangannya ini ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu :
1.    Dari pelatihan ke penampilan,
2.    Dari ruang kelas ke tempat dimana dan kapan saja,
3.    Dari kertas ke “online” atau saluran,
4.    Fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,
5.    Dari waktu siklus ke waktu nyata.
Mengenai asumsi di atas bahwa pergeseran proses pembelajaran yang mengalami perubahan dari kertas “online” ini untuk saat ini telah dapat dirasakan maupun dilihat keberadaannya ketika sebuah istansi pendidikan menerapkan sistem komputerisasi. Banyak hal serta manfaat dari keberadaannya itu. Semisal ketika segala kegiatan yang berbasis pendidikan dapat diakses secara mudah lewat sebuah jaringan komputer ataupun jaringan internet yang tentunya hal tersebut berkat adanya satelit yang dioperasikan, maka siswa, guru, dosen ataupun seluruh warga dalam lingkup pendidikan tersebut mampu memperoleh segala informasi yang ingin di dapatkan. Misalnya yang paling mutakkir adalah berkembangnya “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Istilah lain yang populer saat ini adalah e-learning yaitu sebuah modal pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi (internet). Menurut Rosenberg(2001); 28, e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas dengan landasan berdasarkan tiga kriteria yaitu :
E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, distribusi dan membagi materi atau informasi,
Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar,
Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.
Saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang berbasis TIK seperti : CBT (Computer Baset Training), CBI (Computer Baset Introduction), distance learning, distnte education.

D.    DAMPAK YANG DITIMBULKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Di dalam sebuah perkembangan dari adanya teknologi (dalam hal ini teknologi komunikasi) tentunya banyak yang mempengaruhi maupun yang dipengaruhi . satu hal dari adanya teknologi komunikasi adalah mengenai dampak yang ditimbulkan. Ketika di sini membahas mengenai teknologi komunikasi dalam bidang pendidikan, maka akan di paparkan mengenai dampak yang ditimbulkan baik dampak positif maupun negatif.
Uraiannya adalah sebagai berikut :
·         Dampak Positif
a.       Pembelajaran jarak jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemkan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet.
b.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan menjadikan guru bukanlah satu-satunya ilmu pengetahuan.
c.       Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
d.      Kita akan lebih ceoat mendapatkan infirmasiinformasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
e.       Teknologi menawarkan media audio fisual yang interaktif pada proses pembelajaran.
·         Dampak Negatif
a.         Penyalahgunaan teknologi yang lainnya adalah penetahuan untuk melakukan tinfak kriminal dan tidak di benarkan.
b.        Menurunnya motifasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jumlah jam belajar para remaja rela membolos saat jam sekolah demi bermain game di warnet-warnet kesayangannya.
c.         Kemerosotan moral dikalangan masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.

·         Solusi
a.         Pendampingan pendidikan teknologi dengan bimbingan moral yang seimbang, sehingga siswa mampu memilih penggunaan teknologi yang bermanfaat.
b.        Memberikan pengawasan dari orang tua, sekolah dan pemerintah secara umum, dengan pembatasan akses situs-situs yang tidak baik atau pemberian sanksi yang tegas.
c.         Mendorong motifasi anak didik ke arah pengembangan IPTEK dengan selalu menempatkan pendekatan nilai-nilai islami menjadi sumber acuannya.
d.        Menciptakan jalinan yang kuat antara ajaran yang kuat dan iptek, serta hubungan yang akrab dengan para ilmuan yang memegang otoritas iptek dalam bidang masing-masing.
e.         Menanamkan sikap dan wawasan yang luas terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui kemampuan menginterpretasikan ajaran agama dari kehidupan manusia.

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Teknologi komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap individu dapat menggunakan, mengakses dan memberikan segala hal informasi kepda orang lain secara universal, sedangkan teknologi informasi mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif dua-arah, penyiaran bertenaga rendah, komputer dan televisi.
Perkembangan teknologi itu kemudian berimbas pada dunia pendidikan yaitu mempermudah dunia pendidikan dimana kini telah ada e-learning.
B.     SARAN
Dari kesimpulan di atas maka penulis menyarankan agar solusi-solusi yang diterapkan bisa dilaksanakan agar pada nantinya dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Sehingga IPTEK akan menjadi sangat bermanfaat bagi kita semua tanpa harus mengorbankan salah satu pihak.



DAFTAR PUSTAKA


 Rahayu Kususma Pratiwi.blogspot.com/2013/01/perkembangan iptek dalam pendidikan.html
 Darshenie.blogspot.com/2012/11/dampak perkembangan iptek di indonesia.html
 Http://anandacollectionupdate2015.blogspot.com

Demikian contoh makalah perkembangan Iptek di Indonesia semoga bisa bermamfaat bagi anda yang membutuhkannya
Terima Kasih telah Mampir di BLOG ini..!

No comments:

Post a Comment

Masukkan Nama dan Alamat Lengkap

Translate